Kamis, 27 November 2014

review skripsi



Riview Skripsi

 “TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN USAHA TANAMAN HIAS UNTUK MENINGKATAN PENJUALAN DI DESA RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG”

1.       LATAR BELAKANG
            Sebagai ajaran yang sempurna, islam menurunkan aturan-aturan yang harus diperhatikan oleh setiap muslim dalam memenuhi kebutuhan hidupnya (mencari nafkah), dalam alquran dinyatakan, bahwa nafkah yang harus dicari haruslah nafkah yang halal dan baik. Halal disini berarti halal zatnya dan halal mendapatkannya. Dan baik disini bisa berarti bergizi bagi kesehatan. Kemungkinan untuk memperoleh  memang disediakan , tetapi untuk merealisasikan  kemungkinan itu orang harus berusaha dan untuk dapat berusaha ini masing-masing orang dibekali dengan kemampuan. Manusia diberi hak untuk memanfaatkan sumber daya alam karena manusia telah diangkat sebagai khalifah atau pemegang amanat Allah SWT. Dan semua diberi kekuatan untuk mengambil keuntungan dan manfaat sebanyak-banyaknya sesuai dengan kemampuannya dari semua ciptaan Allah. Namun demikian, manusia sangatlah bergantung pada SWT.
            Islam memerintah kita untuk bekerja keras dalam memenuhi kebutuhan ekonomi, karena bekerja adalah sebagian dari ibadah. Bekerja dan berusaha merupakan fitrah dan watak manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik, sejahtera dan makmur dibumi ini. Akan tetapi seorang muslim harus ingat bahwa kehidupan dunia ini jangan sekali-kali dijadikan tujuan akhir kehidupan kita harus diisi dengan kegiatan kreatif dan produktif, dan jangan menjadi manusia yang komsutif saja. Semakin beriman seseorang seharusnya semakin produktif . islam menyuruh umatnya meningkatkan produktifitas dan mengikis kemalasan. Dalam memenuhi kebutuhan ekonomi banyak usaha yang bisa dilakukan salah satunya adalah pertanian. Bermacam-macam jenis pertanian salah satunya pertanian holtikultural yang meliputi tanaman, sayur-sayuran , buah-buahan tanaman hias dan tanaman obat-obatan ditumbuh kembangkan menjadi agribisnis dlam rangka memanfaatkan peluang dan keunggulan komperatif berupa iklim yang bervariasi , tanah yang subur, tenaga kerja yang memadai serta lahan yang tersedia . islam juga  sangat memperhatikan pemertaan ekonomi antara sikaya dan si miskin. Hal ini dapat dilihat dari kewajiban zakat, infak, dan sadaqah yang dibebankan kepada orang yang mampu.
            Sejak dekade terakhir kegiatan usaha tanaman hias berkembang pesat diberbagai daerah diindonesia dan berperan sebagi pusat pertumbuhan ekonomi yang cukup penting. Pada masa kini kegiatan usaha tanaman hias dilakukan secara komersial, usaha tani tanaman hias mampu menggerakan pertumbuhan industri barang dan jasa, berkembangnya kegiatan usaha tanaman hias didalam negeri berhubungan dengan meningkatkan pendapatan konsumen, tuntutan keindahan lingkungan, pengembangan industry pariwisata  serta pembangunan kompleks perumahan, perhotelan dan perkantoran .pengembangan usaha tanamn hias perlu didorong  agar mampu memberikan peranan yang lebih besar terhadap pembangunan perekonomian nasional.pembangunan tanamnan hias juga diharapkan membuka lapangan pekerjaan,meningkatkan pendapatan petani, menambah devisa, dan membuka peluang tumbuhnya sarana produksi, produk sekunder dan jasa transportasi.
            Sudah sejak tahun 80an trend tanaman hias sebagai penghias ruangan, tempat tinggal telah merebak dikota-kota besar. Tidak hanya dirumah tinggal, tanaman hias juga banyak digunakan sebagai penghias ruangan diperkantoran, hotel dan restoran. Semakin hari jenis tanaman hias yang dikoleksi oleh para pekebun semakin banyak, pertambahan jenis ini juga dipicu oleh tanaman hias luar negeri. Tidak saja di Asia Tenggara, Indonesia pun mengikuti trend dari eropa dan amerika. Tren tanaman hias diindonesia selalu berganti, setiap tahun selalu ada tanaman hias yang mem-booming, seperti euphorbia (2004), adenium (2005), aglounema (2006), dan anthurium.
            Tanaman hias merupakan tanaman yang mempunyai nilai keindahan dan daya tarik tertentu. disamping itu juga memiliki nilai ekonomis untuk keperluan hiasan didalam dan luar ruangan. Karena mengandung arti ekonomi, tanaman hias pun dapat diusahakan menjadi suatu bisnis yang menjanjikan keuntungan yang besar.
            Dikecamatan Tambang, keberadaan tanaman hias semakin berkembang dan memiliki peluang yang menjanjikan. Hal ini, tidak saja memberikan keuntungan pada pengusaha yang berkecimpung disektor ini, namun diharapkan mampu memberikan manfaat dimasyarakat sekitarnya yang hidup dengan ekonomi lemah seperti yang terdapat pada masyarakat kecamatan Tambang sebagai lokasi untuk terus mengembangkan usaha Tanaman Hias.


2.      TUJUAN
1)      Untuk mengetahui strategi pemasaran usaha tanaman hias untuk meningkatkan penjualan di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang.
2)      Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi pengusaha dalam memasarkan usaha tanaman hias  di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang.
3)      Untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi islam tentang strategi pemasaran usaha tanaman hias untuk menigkatkan di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang

3.      STUDI KASUS
Skripsi yang berjudul “TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN USAHA TANAMAN HIAS UNTUK MENINGKATAN PENJUALAN DI DESA RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG”
  yang ditulis oleh : LENI APRIANTY  jurusan EKONOMI ISLAM
A.    Strategi Pemasaran Usaha Tanaman Hias Untuk Meningkatan Penjualan di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang
1)      Tanggapan pengusaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang
a.       tingkat pendidikan
pendidikan sangat mempengaruhi sikap dan keputusan yang akan diambil,terutama dalam menerima dan menerapkan inovasi baru yang pada akhirnya akan mempengaruhi terhadap produksi danpendapatan.pengusaha yang pendidikan tinggi lebih rasional dibandingkan dengan penggusaha pendidikan rendah.untuk lebih mengetahui tngkat pendidikan pengusaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang dapat dilihat pada tabel berikut ini 
TABEL VI.I
Tingkat pendidikan pengusaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang tahun 2013
No
Tingkat pendidikan
Responden
persentase
1
SD
1
6,25%
2
SLTP
2
12,5%
3
SLTA
8
50%
4
Perguruan tinggi
5
31,25%

Jumlah
16
100%
Sumber: Data Olahan Angket 2013
Berdasarkan pada tabel diatas dapat disimpilkan bahwa pengusaha tanaman hias yang pendidikannya tamatan SD berjumlah 1 orang atau persentase 6,25%, sedangkan tamatan SLTP berjumlah 2 orang atau dengan persentase 12,5% dan tamatan SLTA berjumlah 8 orang atau dengan persentase 50%,untuk tamatan perguruan tinggi berjumlah 5 orang atau dengan persentase 31,25%.
b.      Status kepemilikan usaha
Status kepemilikan usaha perlu dikemukana karena dianggap dapat mempengaruhi motivasi para penggusaha untuk mengembangnkn usahanya . umummnya bila usaha yang dikelola milik sendiri,seorang pengusaha akan memiliki motivasi yang lebih baik untuk memajukan usahanya.hasil penelitan menujukan bahwa usaha tanaman hias ni ada yang bersifat kepemilikan bersama usaha atas kerja sama usaha.untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada tabel berikut:

TABEL IV.2
Status kepemilikan usaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang
No
Alternatif Jawaban
Responden
Persentase
1
Milik sendiri
14
87,5%
2
Milik keluarga
0
0%
3
Kerjasama dengan orang lain
2
12,5%

Jumlah
16
100%
Sumber:Data Olahan Angket 2013
Bedasarkan pada tabel diatas dapat disimpulkan bahwa responden yang menjawab usaha milik sendiri sebanyak 14 orang atau dengan persentase sebesar 87,5%.responden yang menjawab usaha dari milik keluarga adalah 0 atau dengan persentase sebesar 0%.sedangkan responden yang menjawab usaha kerja sama dengan pihak lain sebanyak 2 orang atau dengan persentase 12,5%.



c.       Pengalaman berusaha
Semakin lama pengalaman seseorang pengusaha tananaman hias dalam berusaha dibidang usaha tanaman hias tersebut,maka resiko kegagalan yang akan dialaminya relatif semakin kecil.berpengalan dapat mengetahui situasi dan kondisi lingkungannya.untuk mengetahui lamanya menjalani usaha tanaman hias dapat dilihat pada tabel berikut ini:
TABEL IV.3
Pengalaman berusaha pengusaha tanaman hias dalam melakukan ysaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang
No
Alternatif Jawaban
Responden
Persentase
1
<1 tahun
2
12,5%
2
1-4
10
62,5%
3
5-10 Tahun
4
25%

Jumlah
16
100%
Sumber: data olahan angket 2013
Berdassarkan table diatas dapat diketahui bahwa pengalaman berusaha pengusaha tanaman hias sebanyak 10 orang atau dengan persentase sebesar 62,5% dengan pengalaman berusaha 1 – 4 tahun, kemudian diikuti dengan 4 orang pengusaha atau dengan persentase 25% dengan pengalaman berusaha 5-10 tahun dan yang paling sedikit 2 orang atau dengan persentase 12,5& dengan pengalaman berusaha berkisar <1 tahun.
TABEL IV.4
Kegiatan promosi yang dilakukan oleh pengusaha tanaman hias untuk meningkatkan penjualan didesa rimbo panjang kecamatan tambang
No
Alternatif jawaban
Responden
Persentase
1
Ya
12
75%
2
Tidak
2
12,5%
3
Kadang-kadang
4
25%

Jumlah
16
100%
Data : Olahan Angket Peneltian 2013
Dari kesimpulan diatas dapat diketahui bahwa setiap pengusaha itu rata-rata melakukan kegiatan promosi untuk meningkatkan penjualan.
Berikut ini tabel tentang tempat atau lokasi usaha terhadap peningkataan penjualan :
TABEL IV.5
Jawaban responden tentang tempat/lokasi usaha yang mempunyai pengaruh besar terhadap peningkatan penjualan tanaman hias didesa rimbo panjang kecamatan tambang
No
Alternatif jawaban
Responden
Persentase
1
Ya
16
100%
2
Tidak
-
-
3
Kadang-kadang
-
-

Jumlah
16
100%
Sumber: Data Olahan Angket 2013
Berikut ini disajikan hasil selembaran angket kepada reponden mengenai peningkatan penjualan:
TABEL IV.6
Jawaban respondeng tentang peningkatan penjualan tanaman hias didesa rimbo panjang kecamatan tambang
No
Alternatif jawaban
Responden
Persentasi
1
Saangat baik
14
87,5%
2
Baik
2
12,5%
3
Tidak baik
-
-

Jumlah
16
100%
Sumber: Data Olahan Angka 2013
Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa 87.5% responden menjawab bahwa dengan sangat baik kemudian responden yang menjawab baik sebanyak 12,5% dan responden yang menjawab tidak ada adalah 0%.
Berikut adalah tabel tentang apakah ada harga khusus untuk pelanggan tetap :
TABEL IV.7
Jawaban responden tentang apakah ada harga khusus untuk pelanggan tetap
No
Alternatif jawaban
Responden
Persentase
1
Ada
9
38,25%
2
Tidak ada
2
12,5%
3
Sangat banyak
5
31,25%

Jumlah
16
100%
Sumber: Data Olahan Angket 2013
Berikut ini disajikan selebaran angket kepada responden mengenai omset penjualan setiaap bulan
TABEL IV.8
Gambaran omset penjualan pengusha tanaman hias setiap bulannya
No
Jawaban
Responden
Persentase
1
Rp. 2.500.000-7000
5
31,2%
2
Rp .15.000.000-25.000.000
9
56,2%
3
Rp.30.000.000- 35.000.000
2
12,5%

Jumlah
16
100%
Sumber: Data Olahan Angket 2013
Kemudian apakah penjualan sudah sesuai target atau belum dapat dilihat dari tabel berikut :



TABEL IV.9
Tanggapan responden tentang penjualan apakah sudah sesuai target atau belum
No
Alternatif jawaban
Responden
Persentase
1
Sudah
11
68,7%
2
Belum
2
12,5%
3
Kadang –kadang
3
18,25%

Jumlah
16
100%
Data: olahan angket 2013
Berikut tabel peningkatan penjualan usaha tanaman hias setiap bulannya :
TABEL IV.10
Tanggapan pengusaha tanaman hias terhadap berapa persen penigkatan penjualan setiap bulannya di desa rimbo panjang kecamatan tambang
No
Alternatif jawaban
Responden
Persentase
1
50%
1
6,25%
2
75%
2
12,5%
3
25%
13
81,25%

Jumlah
16
100%
Data : olahan angket 2013
Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa terdapat 1 orang dengan persentase 6,25% responden menjawab peningkatan 50% dan yang menjawab 75% berjumlah 2 orang atau dengan persentase 12,5% dan sebanyak 13 orang denga persentase 81,25% menjawab 25%.
2)      Tanggapan konsumen atau pembeli tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang
Berikut adalah tabel tentang tanggapan konsumen terhadap sikap pedagang dalam melayani konsumen

TABEL IV.11
Jawaban responden (pembeli) terhadap sikap pedagang dalam melayani konsuen di desa rimbo kecamatan tambang

No
Alternatif jawaban
Responden
Persentase
1
Ramah dan sopan
12
75%
2
Melayani sekedarnya saja
4
25%
3
Acuh tak acuh
-
-

Jumlah
16
100%
Sumber: Data  Olahan Angket 2013
Dari data diatas dapat dilihat bahwa sebanyak 12 orang atau dengan persentase 75% yang menyatakan ramah dan sopan dan 4 orang dengan persentase 25% menyatakan sangat bagus serta tidak ada yang mengatakan acuh tak acuh.
Berikut ini tabel tentang apakah strategi penawaran yang dilakukan oleh pengusaha tanaman hias di desa rimbo panjang  kecamatan tambang  sudah terlihat baik.
TABEL IV.12
Jawaban responden (pembeli) apakah cara penawaran yag dilkukan oleh pengusaha tanaman hias didesa rimbo panjang kecamatan tambang sudah terlihat baik
No
Alternatif jawaban
Responden
Penawaran
1
Baik
12
75%
2
Sangat baik
4
25%
3
Kurang baik
-
-

Jumlah
16
100%
Sumber: Data  Olahan Angket 2013
Dari data diatas dapat dilihat bahwa sebanyak 12 orang atau dengan persentase 75% yang menyatakan pemasaran usaha tanaman hias baik, dan 4 orang dengan persentase 25% meyatakan sangat baik. Serta tidak ada yang menytakan pemasaran usaha tanaman hias kurang baik.
Berikut ini tabel tentang pembeli terhadap kualitas produk tanaman hias didesa rimbo panjang kecamatan tambang.
TABEL IV.13
Jawaban responden (pembeli) terhadap harga dengan kualitas barang
No
Alternatif jawaban
Responden
Persentase
1
Sesuai
16
100%
2
Kurag sesuai
-
-
3
Tidak sesuai
-
-

Jumlah
16
100%
Sumber: Data Olahan  Angket 2013
Dari data diatas dapat dijelaskan bahwa konsumen tanaman hias didesa rimbo panjang kecamatan tambang sebagian besar mengatakan pengusaha tanaman hias memberikan harga sesuai kualitas bungan yang dijual, hari ini terbukti seluruh konsumen mengatakan pengusaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang memberi harga sesuai kualitas bunga yang dijual.
Berikut ini adalah tabel tentang tanggapan responden  (pembeli)  apakah tanaman hias yang dipesan sesuai dengan permintaan atau tidak.





TABEL IV.14
Tanggapan responden (pembeli) tentang tanaman hias yang dipesan sesuai dengan permintaan
No
Alternatif jawaban
Responden
Persentase
1
Sesuai
13
81,25%
2
Kurang sesuai
3
18,75%
3
Tidak sesuai
-
-

Jumlah
16
100%
Data : Olahan angket 2013
Dari tabel diatas dapat dijelaskan bahwa responden yang mengatakan sesuai permintaan sebanyak 13 atau 81,25% yang mengatakan kurang sesuai dengan permintaan 3 atau 18,75%  dan yang mengatakan tidak sesuai tidak ada.

B.     Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi pengusaha dalam memasarkan usaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang
Potensi yang terdapat dari usaha tanaman hias sesungguhnya sangat besar. Beragam jenis tanaman hias yang ditawarkan oleh pengusaha dapat mengangkat nilai keindahan dan penghijauan khususnya di daerah pekanbaru. Pemasaran produk usaha tanaman hias telah dilakukan dengan baik. Tetapi belum memperoleh hasih yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor pendukung dan penghambat usaha tanaman hias tersebut.
Faktor pendukung usaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang yaitu sebagai berikut :
1)      Mempunyai prospek yang baik dimasa mendatang
2)      Karena melihat perkembangan pembangunan khususnya pembangunan sarana fisik yang semakin meningkat dengan pesat.
3)      Adanya gerakan penghijauan diperumahan-perumahan
Faktor penghambat usaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang sebagai berikut :
1)      Modal
2)      Lokasi tempat penjualan tanaman hias yang tidak permanent
3)      Ketidak stabilan harga bahan baku
4)      Kekurangan stok
5)      Musim hujan dan hama
Berikut ini disajikan hasil sebaran angket mengenai faktor-faktor yang menghambat dalam pemasaran tanaman hias :
TABEL IV.15
Tanggapan responden tentang faktor-faktor yang menghambat dalam usaha tanaman hias khususnya dalam meningkatkan penjualan
No
Alternatif jawaban
Responden
Persentase
1
Ada
13
81,25%
2
Tidak ada
0
0%
3
Sangat banyak
3
18,75%

Jumlah
16
100%
Data : Olahan angket penelitian 2013
Berdasarkan tabel diatas dapat dilihat bahwa yang menjawab ada sebanyak 13 responden atau dengan persentase 81,25%, yang menjawab tidak ada 0 atau dengan  responden 0%, dan yang menjawab sangat banyak 3 responden atau dengan persentase 18,75%.

4.      KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulannnya:
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulannya:
  1. Strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan yang sering diterapkan oleh pengusaha tanaman hias adalah penataan tempat yang asri, pelayanan yang baik, memberikan harga yang layak dan terjangkau dan memberikan diskon.
  2. Faktor pendukung tanaman hias didesa rimbo panjang adalah tanaman hias mempunyai prospek yang baik dimasa yang akan datang, karena melihat perkembangan pembangunan khususnya semakin meningkat gerakan penghijauan  diperumahan-perumahan dipekanbaru.
  3. Faktor penghambatnya adalah Modal, lokasi tempat penjualan tanaman hias yang tidak permanen, ketidakstabilan harga bahan baku, kekurangan stok, musim hujan dan hama.


Saran :
a.       Dari berbagai penjelasan diatas yang sudah tertera dalam skiripsi ini penulis mengharapkan pada diri penulis sendiri dan umumnya pada kita semua yang menbaca atau menelaah skiripsi ini kiranya dapat mengenbangkan lebih luas lagi dan dapat merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari agar nantinya skripsi ini dapat bermanfaat pada kita umumnya terutama penulis sarankan kepada
  1. Pada pihak akademis agar dapat mengembangkan wacana skripsi ini dilingkungan universitas
  2. Kepada pemerintah untuk dapat menindak lanjuti skripsi ini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat umum
  3. Bagi wirausahawan  yang telah memulai usaha tanaman hiasnya dapat memperluas usahanya dengan menyediakan jenis-jenis tanaman hias tertentu yang diminati masyarakat.

skripsi bisa dilanjutkan alasannya karena tanaman hias ini bisa membantu perekonomian masyarakat,jadi kita bisa melakukan penelitian ulang dengan menentukan bagaimana pengaruhnya pada perekonomian masyarakat yang menjalankan bisnis tanaman hias ini.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda