review skripsi
Riview Skripsi
“TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN USAHA TANAMAN
HIAS UNTUK MENINGKATAN PENJUALAN DI DESA RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG”
1. LATAR BELAKANG
Sebagai ajaran yang sempurna, islam
menurunkan aturan-aturan yang harus diperhatikan oleh setiap muslim dalam
memenuhi kebutuhan hidupnya (mencari nafkah), dalam alquran dinyatakan, bahwa
nafkah yang harus dicari haruslah nafkah yang halal dan baik. Halal disini
berarti halal zatnya dan halal mendapatkannya. Dan baik disini bisa berarti
bergizi bagi kesehatan. Kemungkinan untuk memperoleh memang disediakan , tetapi untuk
merealisasikan kemungkinan itu orang
harus berusaha dan untuk dapat berusaha ini masing-masing orang dibekali dengan
kemampuan. Manusia diberi hak untuk memanfaatkan sumber daya alam karena
manusia telah diangkat sebagai khalifah atau pemegang amanat Allah SWT. Dan
semua diberi kekuatan untuk mengambil keuntungan dan manfaat sebanyak-banyaknya
sesuai dengan kemampuannya dari semua ciptaan Allah. Namun demikian, manusia
sangatlah bergantung pada SWT.
Islam
memerintah kita untuk bekerja keras dalam memenuhi kebutuhan ekonomi, karena
bekerja adalah sebagian dari ibadah. Bekerja dan berusaha merupakan fitrah dan
watak manusia untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik, sejahtera dan makmur
dibumi ini. Akan tetapi seorang muslim harus ingat bahwa kehidupan dunia ini
jangan sekali-kali dijadikan tujuan akhir kehidupan kita harus diisi dengan
kegiatan kreatif dan produktif, dan jangan menjadi manusia yang komsutif saja.
Semakin beriman seseorang seharusnya semakin produktif . islam menyuruh umatnya
meningkatkan produktifitas dan mengikis kemalasan. Dalam memenuhi
kebutuhan ekonomi banyak usaha yang bisa dilakukan salah satunya adalah
pertanian. Bermacam-macam jenis pertanian salah satunya pertanian holtikultural
yang meliputi tanaman, sayur-sayuran , buah-buahan tanaman hias dan tanaman
obat-obatan ditumbuh kembangkan menjadi agribisnis dlam rangka memanfaatkan
peluang dan keunggulan komperatif berupa iklim yang bervariasi , tanah yang
subur, tenaga kerja yang memadai serta lahan yang tersedia . islam juga sangat memperhatikan pemertaan ekonomi antara
sikaya dan si miskin. Hal ini dapat dilihat dari kewajiban zakat, infak, dan
sadaqah yang dibebankan kepada orang yang mampu.
Sejak dekade terakhir kegiatan usaha tanaman hias
berkembang pesat diberbagai daerah diindonesia dan berperan sebagi pusat
pertumbuhan ekonomi yang cukup penting. Pada masa kini kegiatan usaha tanaman
hias dilakukan secara komersial, usaha tani tanaman hias mampu menggerakan
pertumbuhan industri barang dan jasa, berkembangnya kegiatan usaha tanaman hias
didalam negeri berhubungan dengan meningkatkan pendapatan konsumen, tuntutan keindahan lingkungan, pengembangan industry
pariwisata serta pembangunan kompleks
perumahan, perhotelan dan perkantoran .pengembangan usaha tanamn hias perlu
didorong agar mampu memberikan peranan
yang lebih besar terhadap pembangunan perekonomian nasional.pembangunan
tanamnan hias juga diharapkan membuka lapangan pekerjaan,meningkatkan
pendapatan petani, menambah devisa, dan membuka peluang tumbuhnya sarana produksi, produk sekunder dan jasa transportasi.
Sudah
sejak tahun 80an trend tanaman hias sebagai penghias ruangan, tempat tinggal
telah merebak dikota-kota besar. Tidak hanya dirumah tinggal, tanaman hias juga
banyak digunakan sebagai penghias ruangan diperkantoran, hotel dan restoran.
Semakin hari jenis tanaman hias yang dikoleksi oleh para pekebun semakin
banyak, pertambahan jenis ini juga dipicu oleh tanaman hias luar negeri. Tidak
saja di Asia Tenggara, Indonesia pun mengikuti trend dari eropa dan amerika.
Tren tanaman hias diindonesia selalu berganti, setiap tahun selalu ada tanaman
hias yang mem-booming, seperti euphorbia (2004), adenium (2005), aglounema
(2006), dan anthurium.
Tanaman
hias merupakan tanaman yang mempunyai nilai keindahan dan daya tarik tertentu.
disamping itu juga memiliki nilai ekonomis untuk keperluan hiasan didalam dan
luar ruangan. Karena mengandung arti ekonomi, tanaman hias pun dapat diusahakan
menjadi suatu bisnis yang menjanjikan keuntungan yang besar.
Dikecamatan Tambang,
keberadaan tanaman hias semakin berkembang dan memiliki peluang yang
menjanjikan. Hal ini, tidak saja memberikan keuntungan pada pengusaha yang
berkecimpung disektor ini, namun diharapkan mampu memberikan manfaat
dimasyarakat sekitarnya yang hidup dengan ekonomi lemah seperti yang terdapat
pada masyarakat kecamatan Tambang sebagai lokasi untuk terus mengembangkan
usaha Tanaman Hias.
2.
TUJUAN
1)
Untuk mengetahui strategi pemasaran usaha tanaman hias untuk
meningkatkan penjualan di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang.
2)
Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi
pengusaha dalam memasarkan usaha tanaman hias
di Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang.
3)
Untuk mengetahui bagaimana tinjauan ekonomi islam tentang strategi
pemasaran usaha tanaman hias untuk menigkatkan di Desa Rimbo Panjang Kecamatan
Tambang
3.
STUDI KASUS
Skripsi yang berjudul
“TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP STRATEGI PEMASARAN USAHA TANAMAN HIAS UNTUK
MENINGKATAN PENJUALAN DI DESA RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG”
yang ditulis oleh : LENI
APRIANTY jurusan EKONOMI ISLAM
A.
Strategi Pemasaran Usaha Tanaman Hias Untuk Meningkatan Penjualan di
Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang
1)
Tanggapan pengusaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang
a.
tingkat pendidikan
pendidikan sangat
mempengaruhi sikap dan keputusan yang akan diambil,terutama dalam menerima dan
menerapkan inovasi baru yang pada akhirnya akan mempengaruhi terhadap produksi
danpendapatan.pengusaha yang pendidikan tinggi lebih rasional dibandingkan
dengan penggusaha pendidikan rendah.untuk lebih mengetahui tngkat pendidikan
pengusaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang dapat dilihat
pada tabel berikut ini
TABEL VI.I
Tingkat pendidikan
pengusaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang tahun 2013
No
|
Tingkat pendidikan
|
Responden
|
persentase
|
1
|
SD
|
1
|
6,25%
|
2
|
SLTP
|
2
|
12,5%
|
3
|
SLTA
|
8
|
50%
|
4
|
Perguruan tinggi
|
5
|
31,25%
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Sumber: Data Olahan
Angket 2013
Berdasarkan pada tabel
diatas dapat disimpilkan bahwa pengusaha tanaman hias yang pendidikannya
tamatan SD berjumlah 1 orang atau persentase 6,25%, sedangkan tamatan SLTP
berjumlah 2 orang atau dengan persentase 12,5% dan tamatan SLTA berjumlah 8
orang atau dengan persentase 50%,untuk tamatan perguruan tinggi berjumlah 5
orang atau dengan persentase 31,25%.
b.
Status kepemilikan usaha
Status kepemilikan
usaha perlu dikemukana karena dianggap dapat mempengaruhi motivasi para
penggusaha untuk mengembangnkn usahanya . umummnya bila usaha yang dikelola
milik sendiri,seorang pengusaha akan memiliki motivasi yang lebih baik untuk
memajukan usahanya.hasil penelitan menujukan bahwa usaha tanaman hias ni ada
yang bersifat kepemilikan bersama usaha atas kerja sama usaha.untuk lebih jelasnya
dapat dilihat pada tabel berikut:
TABEL IV.2
Status kepemilikan
usaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang
No
|
Alternatif Jawaban
|
Responden
|
Persentase
|
1
|
Milik sendiri
|
14
|
87,5%
|
2
|
Milik keluarga
|
0
|
0%
|
3
|
Kerjasama dengan orang lain
|
2
|
12,5%
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Sumber:Data Olahan
Angket 2013
Bedasarkan pada tabel
diatas dapat disimpulkan bahwa responden yang menjawab usaha milik sendiri
sebanyak 14 orang atau dengan persentase sebesar 87,5%.responden yang menjawab
usaha dari milik keluarga adalah 0 atau dengan persentase sebesar 0%.sedangkan
responden yang menjawab usaha kerja sama dengan pihak lain sebanyak 2 orang
atau dengan persentase 12,5%.
c.
Pengalaman berusaha
Semakin lama pengalaman
seseorang pengusaha tananaman hias dalam berusaha dibidang usaha tanaman hias
tersebut,maka resiko kegagalan yang akan dialaminya relatif semakin
kecil.berpengalan dapat mengetahui situasi dan kondisi lingkungannya.untuk
mengetahui lamanya menjalani usaha tanaman hias dapat dilihat pada tabel berikut
ini:
TABEL IV.3
Pengalaman berusaha
pengusaha tanaman hias dalam melakukan ysaha tanaman hias di desa rimbo panjang
kecamatan tambang
No
|
Alternatif Jawaban
|
Responden
|
Persentase
|
1
|
<1 tahun
|
2
|
12,5%
|
2
|
1-4
|
10
|
62,5%
|
3
|
5-10 Tahun
|
4
|
25%
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Sumber: data olahan
angket 2013
Berdassarkan table
diatas dapat diketahui bahwa pengalaman berusaha pengusaha tanaman hias
sebanyak 10 orang atau dengan persentase sebesar 62,5% dengan pengalaman
berusaha 1 – 4 tahun, kemudian diikuti dengan 4 orang pengusaha atau dengan
persentase 25% dengan pengalaman berusaha 5-10 tahun dan yang paling sedikit 2
orang atau dengan persentase 12,5& dengan pengalaman berusaha berkisar
<1 tahun.
TABEL IV.4
Kegiatan promosi yang
dilakukan oleh pengusaha tanaman hias untuk meningkatkan penjualan didesa rimbo
panjang kecamatan tambang
No
|
Alternatif
jawaban
|
Responden
|
Persentase
|
1
|
Ya
|
12
|
75%
|
2
|
Tidak
|
2
|
12,5%
|
3
|
Kadang-kadang
|
4
|
25%
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Data : Olahan Angket Peneltian 2013
Dari kesimpulan diatas
dapat diketahui bahwa setiap pengusaha itu rata-rata melakukan kegiatan promosi
untuk meningkatkan penjualan.
Berikut ini tabel tentang tempat atau lokasi usaha terhadap peningkataan
penjualan :
TABEL IV.5
Jawaban responden
tentang tempat/lokasi usaha yang mempunyai pengaruh besar terhadap peningkatan
penjualan tanaman hias didesa rimbo panjang kecamatan tambang
No
|
Alternatif
jawaban
|
Responden
|
Persentase
|
1
|
Ya
|
16
|
100%
|
2
|
Tidak
|
-
|
-
|
3
|
Kadang-kadang
|
-
|
-
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Sumber: Data Olahan Angket 2013
Berikut ini disajikan
hasil selembaran angket kepada reponden mengenai peningkatan penjualan:
TABEL IV.6
Jawaban respondeng
tentang peningkatan penjualan tanaman hias didesa rimbo panjang kecamatan
tambang
No
|
Alternatif
jawaban
|
Responden
|
Persentasi
|
1
|
Saangat baik
|
14
|
87,5%
|
2
|
Baik
|
2
|
12,5%
|
3
|
Tidak baik
|
-
|
-
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Sumber: Data Olahan Angka 2013
Dari tabel diatas dapat
dilihat bahwa 87.5% responden menjawab bahwa dengan sangat baik kemudian
responden yang menjawab baik sebanyak 12,5% dan responden yang menjawab tidak
ada adalah 0%.
Berikut adalah tabel
tentang apakah ada harga khusus untuk pelanggan tetap :
TABEL IV.7
Jawaban responden
tentang apakah ada harga khusus untuk pelanggan tetap
No
|
Alternatif
jawaban
|
Responden
|
Persentase
|
1
|
Ada
|
9
|
38,25%
|
2
|
Tidak ada
|
2
|
12,5%
|
3
|
Sangat banyak
|
5
|
31,25%
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Sumber: Data Olahan Angket 2013
Berikut ini disajikan
selebaran angket kepada responden mengenai omset penjualan setiaap bulan
TABEL IV.8
Gambaran omset
penjualan pengusha tanaman hias setiap bulannya
No
|
Jawaban
|
Responden
|
Persentase
|
1
|
Rp. 2.500.000-7000
|
5
|
31,2%
|
2
|
Rp
.15.000.000-25.000.000
|
9
|
56,2%
|
3
|
Rp.30.000.000-
35.000.000
|
2
|
12,5%
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Sumber: Data Olahan Angket 2013
Kemudian apakah
penjualan sudah sesuai target atau belum dapat dilihat dari tabel berikut :
TABEL IV.9
Tanggapan responden
tentang penjualan apakah sudah sesuai target atau belum
No
|
Alternatif
jawaban
|
Responden
|
Persentase
|
1
|
Sudah
|
11
|
68,7%
|
2
|
Belum
|
2
|
12,5%
|
3
|
Kadang –kadang
|
3
|
18,25%
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Data: olahan angket 2013
Berikut tabel peningkatan penjualan usaha tanaman hias setiap bulannya :
TABEL IV.10
Tanggapan pengusaha
tanaman hias terhadap berapa persen penigkatan penjualan setiap bulannya di
desa rimbo panjang kecamatan tambang
No
|
Alternatif
jawaban
|
Responden
|
Persentase
|
1
|
50%
|
1
|
6,25%
|
2
|
75%
|
2
|
12,5%
|
3
|
25%
|
13
|
81,25%
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Data : olahan angket 2013
Dari tabel diatas dapat
dilihat bahwa terdapat 1 orang dengan persentase 6,25% responden menjawab
peningkatan 50% dan yang menjawab 75% berjumlah 2 orang atau dengan persentase
12,5% dan sebanyak 13 orang denga persentase 81,25% menjawab 25%.
2)
Tanggapan konsumen atau pembeli tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan
tambang
Berikut adalah tabel
tentang tanggapan konsumen terhadap sikap pedagang dalam melayani konsumen
TABEL IV.11
Jawaban responden
(pembeli) terhadap sikap pedagang dalam melayani konsuen di desa rimbo
kecamatan tambang
No
|
Alternatif jawaban
|
Responden
|
Persentase
|
1
|
Ramah dan sopan
|
12
|
75%
|
2
|
Melayani sekedarnya saja
|
4
|
25%
|
3
|
Acuh tak acuh
|
-
|
-
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Sumber: Data Olahan Angket 2013
Dari data diatas dapat
dilihat bahwa sebanyak 12 orang atau dengan persentase 75% yang menyatakan ramah
dan sopan dan 4 orang dengan persentase 25% menyatakan sangat bagus serta tidak
ada yang mengatakan acuh tak acuh.
Berikut ini tabel
tentang apakah strategi penawaran yang dilakukan oleh pengusaha tanaman hias di
desa rimbo panjang kecamatan tambang sudah terlihat baik.
TABEL IV.12
Jawaban responden
(pembeli) apakah cara penawaran yag dilkukan oleh pengusaha tanaman hias didesa
rimbo panjang kecamatan tambang sudah terlihat baik
No
|
Alternatif jawaban
|
Responden
|
Penawaran
|
1
|
Baik
|
12
|
75%
|
2
|
Sangat baik
|
4
|
25%
|
3
|
Kurang baik
|
-
|
-
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Sumber: Data Olahan Angket 2013
Dari data diatas dapat
dilihat bahwa sebanyak 12 orang atau dengan persentase 75% yang menyatakan
pemasaran usaha tanaman hias baik, dan 4 orang dengan persentase 25% meyatakan
sangat baik. Serta tidak ada yang menytakan pemasaran usaha tanaman hias kurang
baik.
Berikut ini tabel
tentang pembeli terhadap kualitas produk tanaman hias didesa rimbo panjang
kecamatan tambang.
TABEL IV.13
Jawaban responden
(pembeli) terhadap harga dengan kualitas barang
No
|
Alternatif jawaban
|
Responden
|
Persentase
|
1
|
Sesuai
|
16
|
100%
|
2
|
Kurag sesuai
|
-
|
-
|
3
|
Tidak sesuai
|
-
|
-
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Sumber: Data Olahan Angket 2013
Dari data diatas dapat
dijelaskan bahwa konsumen tanaman hias didesa rimbo panjang kecamatan tambang
sebagian besar mengatakan pengusaha tanaman hias memberikan harga sesuai
kualitas bungan yang dijual, hari ini terbukti seluruh konsumen mengatakan
pengusaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang memberi harga
sesuai kualitas bunga yang dijual.
Berikut ini adalah
tabel tentang tanggapan responden
(pembeli) apakah tanaman hias
yang dipesan sesuai dengan permintaan atau tidak.
TABEL IV.14
Tanggapan responden
(pembeli) tentang tanaman hias yang dipesan sesuai dengan permintaan
No
|
Alternatif jawaban
|
Responden
|
Persentase
|
1
|
Sesuai
|
13
|
81,25%
|
2
|
Kurang sesuai
|
3
|
18,75%
|
3
|
Tidak sesuai
|
-
|
-
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Data : Olahan angket 2013
Dari tabel diatas dapat
dijelaskan bahwa responden yang mengatakan sesuai permintaan sebanyak 13 atau
81,25% yang mengatakan kurang sesuai dengan permintaan 3 atau 18,75% dan yang mengatakan tidak sesuai tidak ada.
B.
Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi pengusaha dalam memasarkan
usaha tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang
Potensi yang terdapat
dari usaha tanaman hias sesungguhnya sangat besar. Beragam jenis tanaman
hias yang ditawarkan oleh pengusaha dapat mengangkat nilai keindahan dan
penghijauan khususnya di daerah pekanbaru. Pemasaran produk usaha tanaman hias
telah dilakukan dengan baik. Tetapi belum memperoleh hasih yang maksimal sesuai
dengan yang diharapkan. Hal ini tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor
pendukung dan penghambat usaha tanaman hias tersebut.
Faktor pendukung usaha
tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang yaitu sebagai berikut :
1)
Mempunyai prospek yang baik dimasa mendatang
2)
Karena melihat perkembangan pembangunan khususnya pembangunan sarana
fisik yang semakin meningkat dengan pesat.
3)
Adanya gerakan penghijauan diperumahan-perumahan
Faktor penghambat usaha
tanaman hias di desa rimbo panjang kecamatan tambang sebagai berikut :
1)
Modal
2)
Lokasi tempat penjualan tanaman hias yang tidak permanent
3)
Ketidak stabilan harga bahan baku
4)
Kekurangan stok
5)
Musim hujan dan hama
Berikut ini disajikan
hasil sebaran angket mengenai faktor-faktor yang menghambat dalam pemasaran
tanaman hias :
TABEL IV.15
Tanggapan responden
tentang faktor-faktor yang menghambat dalam usaha tanaman hias khususnya dalam
meningkatkan penjualan
No
|
Alternatif
jawaban
|
Responden
|
Persentase
|
1
|
Ada
|
13
|
81,25%
|
2
|
Tidak ada
|
0
|
0%
|
3
|
Sangat banyak
|
3
|
18,75%
|
Jumlah
|
16
|
100%
|
Data : Olahan angket penelitian 2013
Berdasarkan tabel
diatas dapat dilihat bahwa yang menjawab ada sebanyak 13 responden atau dengan
persentase 81,25%, yang menjawab tidak ada 0 atau dengan responden 0%, dan yang menjawab sangat banyak
3 responden atau dengan persentase 18,75%.
4.
KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulannnya:
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimpulannya:
- Strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan yang sering diterapkan oleh pengusaha tanaman hias adalah penataan tempat yang asri, pelayanan yang baik, memberikan harga yang layak dan terjangkau dan memberikan diskon.
- Faktor pendukung tanaman hias didesa rimbo panjang adalah tanaman hias mempunyai prospek yang baik dimasa yang akan datang, karena melihat perkembangan pembangunan khususnya semakin meningkat gerakan penghijauan diperumahan-perumahan dipekanbaru.
- Faktor penghambatnya adalah Modal, lokasi tempat penjualan tanaman hias yang tidak permanen, ketidakstabilan harga bahan baku, kekurangan stok, musim hujan dan hama.
Saran :
a.
Dari berbagai penjelasan diatas yang sudah tertera dalam skiripsi ini
penulis mengharapkan pada diri penulis sendiri dan umumnya pada kita semua yang
menbaca atau menelaah skiripsi ini kiranya dapat mengenbangkan lebih luas lagi
dan dapat merealisasikannya dalam kehidupan sehari-hari agar nantinya skripsi
ini dapat bermanfaat pada kita umumnya terutama penulis sarankan kepada
- Pada pihak akademis agar dapat mengembangkan wacana skripsi ini dilingkungan universitas
- Kepada pemerintah untuk dapat menindak lanjuti skripsi ini untuk mensosialisasikan kepada masyarakat umum
- Bagi wirausahawan yang telah memulai usaha tanaman hiasnya dapat memperluas usahanya dengan menyediakan jenis-jenis tanaman hias tertentu yang diminati masyarakat.
skripsi bisa
dilanjutkan alasannya karena tanaman hias ini bisa membantu perekonomian
masyarakat,jadi kita bisa melakukan penelitian ulang dengan menentukan
bagaimana pengaruhnya pada perekonomian masyarakat yang menjalankan bisnis
tanaman hias ini.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda